DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Implementasi Metode Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Unggulan Ibnu Husain Surabaya
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Nurjanah, Siti
Subject
Bimbingan Belajar 
Datestamp
2019-05-14 04:21:48 
Abstract :
Salah satu tujuan terpenting dalam pembelajaran adalah bagaimana menjadikan murid berprestasi dan hal itu bisa ditempuh salah satunya dengan membuat mereka tidak bosan dengan apa yang dipelajari dalam pembelajaran. Hal ini bisa dilaksanakan dengan model pembelajaran Talking Stick, yaitu salah satu Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dimana tongkat menjadi alat bantu sebagai tanda siswa berpendapat dan bertanya. Selain itu Metode pembelajaran ini merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam mencapai tujuan.Permasalahan yang diambil adalah bagaimana penerapan Metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran fiqih, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, adakah pengaruh Metode Talking Stick terhadap hasil belajar materi fiqih siswa MTs Unggulan Ibnu Husain Surabaya.Dalam penelitian sederhana, penulis menggunakan Metode regresi linear sederhana yang merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif, ataupun Metode yang digunakan adalah observasi, angket, tes, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data dengan melaksanakan uji t. Dari hasil penelitian, pengaruh penggunaan Metode Talking Stick dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih di MTs Unggulan Ibnu Husain tergolong baik, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prosentasenya 76,8%.Selain itu, Metode pembelajaran Talking Stick juga mempengaruhi hasil belajar. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih MTs Unggulan Ibnu Husain Surabaya, khususnya pada kelas VIII C tergolong baik, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 83,4 % yang diambil dari nilai post-test.Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikansi Metode pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih. Hal itu dapat diketahui dari adanya beberapa perbedaan hasil belajar siswa sebelum Talking Stick diterapkan dan sesudahnya, dan melalui perhitungan statistik spss di mana Thitung (6,591) Ttabel (2,021) dengan nilai signifikansi (0,000) α (0,05). Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan, gambaran, serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL