DETAIL DOCUMENT
Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility) Humas dan respon pelanggan loyal PT. Telkom Kantor Pusat Divisi Regional-V Ketintang Surabaya
Total View This Week1
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Nurul Aini Maftukhah (STUDENT ID : --)
Subject
Manajemen 
Datestamp
2017-12-29 07:32:57 
Abstract :
Skripsi ini merupakan hasil kajian lapangan yang berusaha menjabarkan aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Humas PT. Telkom Divisi Regional-V di Ketintang Surabaya dan respon pelanggan loyal Telkom terhadap aplikasi tersebut. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana bagaimana aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Humas PT. Telkom Divisi Regional-V di Ketintang Surabaya?, (2) Bagaimana respon pelanggan loyal Telkom terhadap aplikasi tersebut? Untuk menjawab permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data yang diperlukan untuk menjabarkan dan menjelaskan hal-hal mengenai program Corporate Social Responsibility (CSR) Humas Telkom dan pengaplikasiannya kepada pelanggan loyal serta respon dari pelanggan loyal Telkom dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menyentuh pelanggan loyal. (2) Kemampuan Humas dan Community Development Centre (CDC) PT. Telkom dalam mengelola program Corporate Social Responsibility (CSR). (3) Teknik aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengedepankan pelanggan loyal menentukan keberhasilan aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom kepada pelanggan loyal. Serta Respon pelanggan loyal PT. Telkom terhadap aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom cukup baik (positive response). Yang diindikasikan dengan (1) Kesan baik pelanggan atas pengaplikasian program Corporate Social Responsibility (CSR) (2) Kepercayaan pelanggan akan program Corporate Social Responsibility (CSR) (3) Kepuasan pelanggan akan layanan program Corporate Social Responsibility (CSR). Bertitik tolak dari dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan. (1) Bagi Humas PT. Telkom Divisi Regional-V Surabaya agar meningkatkan kualitas layanan (kecepatan waktu) dalam merespon keluhan pelanggan loyal pasca sales dan terus mengembangkan ide untuk program-program selanjutnya dengan strategi dan planning yang matang agar semua program Corporate Social Responsibility (CSR) terlaksana dengan baik dan teratur. (2) Saran bagi pelanggan loyal harus lebih kritis dan tanggap dalam merespon aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom agar kualitas pelayanan dapat terkontrol dengan mudah. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL