DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU HARIAN KOMPAS DALAM MEMPERTAHANKAN MARKET SHARE DI SURABAYA
Total View This Week3
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Rustinah, Rustinah
Subject
Manajemen Komunikasi 
Datestamp
2015-04-15 02:08:31 
Abstract :
Rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat, karena mengingat belum adanya gerakan bersama dalam skala besar untuk mempromosikan, dukungan dan pengembangan dari pemerintah maupun akademisi yang masih kecil pada pialang-pialang berjangka. Maka, persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu Harian Kompas dalam mempertahankan market share di Surabaya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran terpadu Harian Kompas dalam mempertahankan market share di Surabaya. Mengungkap persoalan di atas secara menyeluruh dan mendalam peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi dengan menghimpun data dari observasi terlibat, wawancara serta dokumentasi yang peneliti dapatkan dari Harian Kompas serta referensi terkait dengan penelitian dari berbagai buku maupun situs internet. Penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran terpadu/ IMC yang dilakukan oleh Harian Kompas dalam mempertahankan market share di Surabaya dengan mengenalkan, mempromosikan dan menjualkan produk serta yang terakhir memberikan stimuli kepada calon pelanggan untuk membuat keputusan pemilihan untuk berlangganan. Promosi penjualan dilakukan secara door To door, penjualan langsung oleh pedagang eceran serta program promosi berhadiah. Strategi ini terbukti lebih efektif untuk meningkatkan oplah pemasaran, memperkenalkan produk. Aplikasi yang didijalankan yaitu terjun langsung kelapangan karena itu lebih efisien dengan langsung ketumu konsumen face to face. Untuk mempertahankan market share di Surabaya Harian Kompas bekerja sama dengan koran daerah khususnya di Surabaya dengan Harian Surya. Dan sejauh ini tidak ada perubahan secara signifikan dari segi oplah dan secara global coorporate juga tidak ada masalah. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL