DETAIL DOCUMENT
FAKTOR PENDORONG DALAM MENGGUNAKAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA SOSIAL
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Saputra, Jaya Hadi Sulung
Subject
Komunikasi 
Datestamp
2015-04-14 03:10:40 
Abstract :
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hal-hal yang dapat mendorong seseorang dalam menggunakan Facebook. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong seseorang dalam menggunakan Facebook. Faktor pendorong dalam menggunakan Facebook berdasarkan penelitian sebelumnya berupa koneksi sosial, berbagi identitas, fotografi, konten Facebook, investigasi sosial, berselancar (surfing) di jejaring sosial, dan memperbaharui (update) status. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Sampel ini diambil dengan metode proporsional sampling dan cluster sampling sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang berupa skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis faktor menggunakan bantuan program komputer SPSS 15.0. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa faktor yang memberikan daya dorong yang paling tinggi bagi seseorang dalam menggunakan Facebook adalah faktor berselancar (surfing) di jejaring sosial. Kemudian diikuti oleh faktor investigasi sosial, memperbaharui status, berbagi identitas, konten Facebook, dan koneksi sosial. Sementara faktor fotografi, berdasar hasil analisa memiliki daya dorong yang kurang kuat bagi seseorang dalam menggunakan Facebook. Untuk penelitian yang selanjutnya, peneliti hendaknya perlu mengetahui perkembangan terbaru mengenai situs jejaring sosial. Selain itu peneliti juga perlu mempertimbangkan dengan cermat mengenai berbagai gaya penggunaan Facebook baik melalui komputer pribadi, laptop, atau handphone. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL