DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Ardiyansyah, Eka Candra Arista
Subject
Psikologi Anak 
Datestamp
2015-04-08 08:26:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan keterampilan sosial anak prasekolah serta mengenalkan budaya permainan tradisional pada anak-anak yang kini mulai ditinggalkan. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan keteranpilan sosial anak prasekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas B Taman Kanak-kanak Nurul Iman Waru-Sidoarjo yang usianya 4-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan subyek berjumlah 10 anak yang dipilih berdasarkan hasil nominasi (pretest) dari peneliti, guru, dan orang tua yang dikategorikan keterampilannya rendah dibandingkan teman-temannya yang lain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk nominasi dari peneliti, guru, dan orang tua yang didalamnya mengandung aspek-aspek keterampilan sosial anak meliputi: (1) inisiatif untuk beraktivitas bersama teman sebaya; (2) bergabung dalam permainan teman sebaya(3) memelihara peran selama kegiatan ; bermain berjalan; dan (4) mengatasi konflik interpersonal pada saat bermain berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional mempengaruhi peningkatan keterampilan sosial anak prasekolah hal tersebut berdasarkan hasil analisis menggunakan uji peringkat bertada wilcoxon (Wilcoxon signed ranks test) diperoleh nilai Zhitung dari nominasi dan guru sebesar -2,812, berarti Zhitung lebih besar dari pada Ztabel (-2812 1,96), sedangkan menurut nominasi orang tua diperoleh Zhitung sebesar -2, 689, berarti Zhitung lebih besar dari pada Ztabel (-2,689 1,96). Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional mempengaruhi peningkatan keterampilan sosial anak prasekolah. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL