DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pemilihan Produk Qardh pada Bmt Mandiri Sejahtera Jawa Timur Cabang Sembayat Gresik Melalui Persepsi sebagai Variabel Intervening pada Pedagang di Pasar Sembayat Gresik
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Rizkiyatul Habibah (STUDENT ID : achmadtri_sutrisno@yahoo.com)
Samsul Anam (LECTURER ID : 196803072008011017)
Subject
Ekonomi Islam 
Datestamp
2019-11-13 03:26:40 
Abstract :
Skripsi dengan judul ?Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pemilihan Produk Qardh Pada BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Cabang Sembayat Gresik Melalui Persepsi Sebagai Variabel Intervening Pada Pedagang di Pasar Sembayat Gresik? ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji faktor tingkat pendidikan yang mempengaruhi perilaku pemilihan produk qardh secara langsung pada BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Sembayat Gresik dan secara tidak langsung melalui persepsi sebagai variabel intervening pada pedagang di Pasar Sembayat Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode deskriptif dilakukan dengan menguji hipotesis penelitian dan menjelaskan hubungan antar variabel yang diteliti. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Analisis jalur digunakan karena diduga terdapat hubungan korelasional antar variabel bebas, sehingga terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan SPSS 19 untuk menguji data penelitian. Penelitian dilakukan pada 55 pedagang di pasar Sembayat yang memilih produk qardh dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan dan persepsi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih pada produk qardh. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung pada kedua variabel tersebut yang berada di bawah nilai t tabel (2,004), yaitu masing-masing sebesar 1,615 dan 1,389, juga nilai probabilitas signifikasi untuk masing-masing sebesar 0,112 dan 0,171, keduanya di atas taraf signifikasi 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemilihan produk qardh tidak dipengaruhi tingkat pendidikan yang sudah di tempuh oleh pedagang dan juga persepsi manfaat, pemahaman, pengetahuan yang pedagang rasakan ketika memilih produk qardh. Perusahaan di harapkan untuk sering memberikan edukasi tentang kewirausahaan dan juga produk yang dimiliki kepada pedagang, memberikan pelayanan excellent, memperluas akses jaringan dan mangsa pasar agar tidak hanya di pasar sembayat, melainkan melebar ke pasar-pasar tradisional lainnya, mengingat pentingnya peredaran uang di pasar yang mana menjadi pusat ekonomi pedagang sehari-hari. Agar nasabah yang memiliki pembiayaan dalam produk qardh bisa menjangkau ke produk pembiayaan lainnya. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL