DETAIL DOCUMENT
Pengaruh metode Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih siswa Kelas IV Minu Waru II Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Nurun Nadzifah (STUDENT ID : --)
Subject
Hasil Belajar 
Datestamp
2019-02-01 07:03:22 
Abstract :
Mata pelajaran fiqih perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Konsep fiqih kebanyakan berupa konsep yang abstrak sehingga perlu dipilih bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi peserta didik terutama bagi peserta didik pada tingkat pendidikan dasar. Pembelajaran fiqih hendaknya dimulai dengan pengenalan (memberi contoh) masalah yang sesuai dengan situasi dan kondisi di sekitar lokasi pembelajaran (contextual problem). Selanjutnya peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep fiqih untuk lebih mengefektifkan pembelajaran, guru diharapkan mampu mencoba model pembelajaran yang mampu memberikan semangat anak didik untuk lebih menyukai mata pelajaran fiqih. Dalam pembuatan soal cerita, guru harus dapat mengaitkan dengan konteks kehidupan di sekitar siswa. Hal ini dapat menambah motivasi siswa dalam belajar fiqih, karena siswa dapat merasakan manfaat langsung penggunaan konsep fiqih untuk pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi antara peneliti dengan sejawat terlihat bahwa terdapat permasalahan yang dialami peneliti (guru) dalam fiqih dengan kompetensi dasar mematuhi keputusan bersama. Permasalahannya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan identifikasi tentang beberapa sikap yang harus dipatuhi dalam mewujudkan keputusan bersama, terbukti dari lambatnya siswa mengerjakan soa-soal yang diberikan guru. Pada saat diadakan ulangan hasilnya di bawah rata-rata ,dari siswa-siswa yang mendapat nilai baik. Rendahnya kemampuan siswa ini merupakan masalah yang serius yang harus segera diatasi karena akan membawa dampak buruk terhadap perkembangan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran fiqih. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah ini dengan cara memperbaiki strategi pembelajaran yang dilakukan guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melaksanakan penelitian metode pembelajaran. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL