DETAIL DOCUMENT
Penerapan metode Sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VII di SMP Islam Raden Paku Surabaya
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Rochmawati Rochmawati (STUDENT ID : --)
Subject
Pendidikan Islam 
Datestamp
2018-01-18 01:56:26 
Abstract :
Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalam suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sosiodrama (role playing) berasal dari kata sosio dan drama. Sosio berarti sosial atau masyarakat menunjukkan pada kegiatan-kegiatan sosial, dan drama berarti pertunjukkan, tontonan. Sosial atau masyarakat terdiri dari manusia yang satu sama lain saling membutuhkan dan berhubungan yang dikatakan hubungan sosial. Diharapkan dengan menggunakan metode sosiodrama siswa dapat melatih dirinya, memahami dan mengingat isi bahan yang akan didramakan. Sebagai pemain harus memahami, menghayati isi cerita secara keseluruhan. Diharapkan siswa dapat memunculkan bakat yang terdapat pada dirinya.Siswa akan terlatih untuk berinisiatif dan berkreatif. Tapi yang pernah kita temui dan bahkan kita alami sebagian guru belum menerapkan metode sosiodrama ini. Apalagi diperlukan waktu yang banyak, atau bahkan bisa mengganggu kelas lain oleh suara para pemain atau penonton yang kadang-kadang bertepuk tangan, dan lain-lain. Dan diperlukan juga keterampilan seorang guru dalam menerapkan metode sosiodrama ini dalam kaitannya dengan peningkatan kreativitas belajar siswa. Untuk memperoleh data yang representif dalam pembahasan skripsi ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku, ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah ; observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah, Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII Di SMP Islam Raden Paku Surabaya. Alasan diterapkan adanya pola pengembangan pendidikan, visi,misi, tujuan dan target output serta adanya faktor pendukung dalam pelaksanaannya. Adapun hambatannya yaitu, karena memerlukan waktu yang cukup panjang dan kadang-kadang anak tidak mau memerankan sesuatu adegan karena malu, menyiapkan naskah dan sukar untuk memilih anak-anak yang berwatak cemerlang untuk memecahkan masalah. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL