DETAIL DOCUMENT
EFEKTIFITAS PEMBERIAN KETERAMPILAN KOLASE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA JARI-JARI TANGAN ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DI SLB SISWA BUDHI SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Zurroh, Irmatuz
Subject
Metode 
Datestamp
2015-04-13 02:56:06 
Abstract :
Kemampuan motorik halus adalah aktivitas motorik yang melibatkan aktivitas otot-otot kecil atau halus, gerakan ini menuntut koordinasi mata, tangan dan kemampuan pengendalian gerak yang baik yang memungkinkannya untuk melakukan ketepatan dan kecermatan dalam gerakannya. Kemampuan motorik halus sangat diperlukan oleh anak-anak dalam persiapan mengerjakan tugas-tugas di sekolah, hampir sepanjang hari anak-anak di sekolah menggunakan kemampuan motorik halus untuk kegiatan akademiknya, yakni menulis, mewarnai gambar, menggunting. Kolase merupakan salah satu jenis latihan motorik halus dengan cara menyusun guntingan sedotan yang berwarna-warni, kemudian ditempel pada sebuah gambar. Akibat melihat gambar dan seotan yang berwarna-warni, anak akan tertarik dan tidak lekas bosan, dengan demikian tanpa disadari akan melatih motorik halus anak. Anak yang mengalami hambatan pada kemampuan motorik halusya yakni anak tunagrahita ringan. Anak tunagrahita ringan sering disebut debil yang mempunyai karakteristik fisik yang tidak jauh berbeda dengan anak normal, tetapi keterampilan motoriknya lebih rendah dari anak normal.Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan kolase efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas keterampilan kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah pemberian treatment. Lokasi penelitian di Sekolah Luar Biasa "SISWA BUDHI" Surabaya. Dengan populasi penelitian anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa "SISWA BUDHI" Surabaya yang terdiri dari 5 anak tunagrahita ringan. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental desaign. Penelitian ini termasuk one group pre test-post test design, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode check list untuk mengetahui efektifitas Keterampilan kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan. Hasil analisis data yang diolah dengan rumus Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test) signifikansi 0,025 < 0,05, Sehingga ketrampilan kolase efektif dalam meningkatan kemampuan motorik halus anak tuna grahita ringan di Sekolah Luar Biasa “SISWA BUDHI” Surabaya. Saran bagi peneliti dikemudian hari agar melakukan penambahan sampel dan waktu penelitian agar diperoleh hasil penelitian yang lebih baik. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL