DETAIL DOCUMENT
Pengaruh metode bernyanyi terhadap motivasi belajar anak usia dini Kelas B di TK Hasanuddin Surabaya.
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Nur Khamidah (STUDENT ID : B07208136)
Siti. Azizah Rahayu (LECTURER ID : 2007105501)
Subject
Motivasi Belajar 
Datestamp
2022-06-13 07:16:07 
Abstract :
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode bernyanyi berpengaruh terhadap motivasi belajar anak usia dini. Tujuan yang ingin dicapai adalah anak menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran melalui metode bernyanyi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain posttest only control group. Adapun subjek penelitian ini dalah siswa kelas B TK Hasanuddin yang berjumlah 20 anak. Dari hasil penelitian bahwasanya anak lebih termotivasi ketika diberi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi daripada metode ceramah, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji beda wilxocon diperoleh nilai Zhitung sebesar (-2,250) menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar antara anak kelompok eksperimen dengan menggunakan metode bernyanyi dengan anak kelompok kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini membuktikan bahwa metode bernyanyi berpengaruh terhadap motivasi belajar anak usia dini. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL