Abstract :
ABSTRAK
STUDI PERBANDINGAN KECERDASAN MORAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN MODEL PEMBELAJARAN ROLLE PLAYING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP SEJAHTERA BANDAR LAMPUNG
TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh
Eka Mitra Liana
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan moral mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester genap SMP Sejahtera Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran cooperative script dan model pembelajaran rolle playing dalam meningkatkan kecerdasan moral serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa terhadap pembentukan karakter sikap kecerdasan moral di dalam pembelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) ada perbedaan kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakanmodel pembelajaran Cooperative Scriptdan siswa yang diajar menggunakan model Rolle Playing, (2) ada kecerdasan moral pada siswa yang memiliki SQ rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Rolle Playing, (3) ada kecerdasan moral pada siswa yang memiliki SQ tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih rendah dibandingkan menggunakan model pembelajaran Rolle Playing, (4) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif pada SQ terhadap kecerdasan moral siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci: kecerdasan moral, kecerdasan spiritual, model pembelajaran, cooperative script dan rolle playing.