Abstract :
Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok, self esteem (harga
diri)
ABSTRAK
PENINGKATAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X MENGGUNAKAN
LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI
LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh
TRI OKTHA AYU EVITA
Masalah penelitian ini adalah siswa yang memiliki self esteem yang rendah di
sekolah. Permasalahannya adalah ?apakah self esteem siswa kelas X dapat
ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok di SMK Negeri 1
Kotabumi?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan self esteem siswa
kelas X menggunakan layanan konseling kelompok.
Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain nonequievalent control
group design. Subjek penelitian sebanyak 19 orang siswa dibagi menjadi
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 10 siswa
di kelompok eksperimen dan 9 siswa di kelompok kontrol. Teknik pengumpulan
data menggunakan skala self esteem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self
esteem siswa di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling
kelompok, terbukti dari peningkatan self esteem siswa sebesar 39,9% dan dari
hasil analisis data self esteem menggunakan uji-wilcoxon, dari hasil analisis data
kelompok eksperimen angka probabilitas diperoleh 0,005 < sig.0,05 sehingga Ho1
ditolak dan Ha1 diterima. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh angka
probabilitas 0,273 > sig.0,05 sehingga Ho2 diterima dan Ha2 ditolak. Hal ini
berarti terdapat peningkatan self esteem yang signifikan pada kelompok
eksperimen setelah diberi perlakuan layanan konseling kelompok dan tidak
terdapat peningkatan self esteem yang signifikan pada kelompok kontrol tanpa
diberi perlakuan layanan konseling kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
self esteem siswa kelas X dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling
kelompok di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara tahun pelajaran
2014/2015.
Saran yang diberikan adalah kepada (1) Siswa hendaknya mengikuti kegiatan
konseling kelompok untuk meningkatkan self esteem, (2) Guru bimbingan dan
konseling hendaknya mengadakan kegiatan konseling kelompok secara rutin
untuk meningkatkan self esteem siswa (3) Peneliti lain yang akan melakukan
penelitian tentang self esteem dengan konseling kelompok hendaknya dapat
menggunakan subjek berbeda dan meneliti variabel lain dengan mengontrol
variabel yang sudah diteliti sebelumnya, selain itu peneliti lain juga dapat
menggunakan layanan bimbingan konseling yang lainnya untuk meningkatkan
self esteem siswa.