Abstract :
ABSTRAK
PERANAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM PEMBINAAN ANAK
TUNAGRAHITA
(Studi Pada Sekolah Luar Biasa Kecamatan Kemiling Bandar Lampung)
Oleh
Gianti Marisa
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam tentang Peranan
Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Bhakti Dharma Pertiwi dalam Pembinaan
Anak Tunagrahita di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar
Lampung. Anak tunagrahita adalah anak berkebutuhan khusus yang
kecerdasannya berada di bawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan inteligensi
serta ketidakcakapan dalam interaksi sosial sehingga membutuhkan layanan
pendidikan yang sesuai.
Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang dipergunakan yaitu observasi, dokumen-dokumen yang
relevan berkaitan dengan penelitian, wawancara mendalam terhadap guru, orang
tua dan siswa tunagrahita. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis
data kualitatif dengan model deskriftip.
Berdasarkan hasil analisa penelitian penulis bahwa peranan SLB C sebagai wadah
pendidikan melalui pembinaan afektif telah dapat dikatakan berhasil yaitu
ABSTRACT
THE ROLE OF SPECIAL SCHOOL IN FOSTERING TUNAGRAHITA
(Study at Special School Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling Bnadar
Lampung)
By
Gianti Marisa
This study aim to describe the role of Special School in Fostering (SLB) Dharma
Bhakti Dharma Pertiwi in Improving Intelligence Educate Children for Children
and to know the level of intelligence in children tunagrahita and barriers /
strategies do children tunagrahita in Sub Beringin Raya, Sub City Kemiling,
Bandar Lampung. Children tunagrahita is children in need special, which has
intelligence are below the average and characterized by inteligensi limitations and
inaptitude in social interaction so in need of educational services as appropriate.
Types of data used are primary and secondary data. Data collection techniques
used are observation, depth interviews with teachers, parent and children
tunagrahit. By using triangulation of sources and relevant documents associated
with this research. The sampling technique in this study using purposive sampling.
This research is a qualitative description.