DETAIL DOCUMENT
PERANAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM PEMBINAAN ANAK TUNAGRAHITA (Studi Pada Sekolah Luar Biasa Kecamatan Kemiling Bandar Lampung)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
0816011029, Gianti Marisa
Subject
 
Datestamp
2015-10-20 08:35:13 
Abstract :
ABSTRAK PERANAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM PEMBINAAN ANAK TUNAGRAHITA (Studi Pada Sekolah Luar Biasa Kecamatan Kemiling Bandar Lampung) Oleh Gianti Marisa Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam tentang Peranan Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Bhakti Dharma Pertiwi dalam Pembinaan Anak Tunagrahita di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Anak tunagrahita adalah anak berkebutuhan khusus yang kecerdasannya berada di bawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan inteligensi serta ketidakcakapan dalam interaksi sosial sehingga membutuhkan layanan pendidikan yang sesuai. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu observasi, dokumen-dokumen yang relevan berkaitan dengan penelitian, wawancara mendalam terhadap guru, orang tua dan siswa tunagrahita. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model deskriftip. Berdasarkan hasil analisa penelitian penulis bahwa peranan SLB C sebagai wadah pendidikan melalui pembinaan afektif telah dapat dikatakan berhasil yaitu ABSTRACT THE ROLE OF SPECIAL SCHOOL IN FOSTERING TUNAGRAHITA (Study at Special School Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling Bnadar Lampung) By Gianti Marisa This study aim to describe the role of Special School in Fostering (SLB) Dharma Bhakti Dharma Pertiwi in Improving Intelligence Educate Children for Children and to know the level of intelligence in children tunagrahita and barriers / strategies do children tunagrahita in Sub Beringin Raya, Sub City Kemiling, Bandar Lampung. Children tunagrahita is children in need special, which has intelligence are below the average and characterized by inteligensi limitations and inaptitude in social interaction so in need of educational services as appropriate. Types of data used are primary and secondary data. Data collection techniques used are observation, depth interviews with teachers, parent and children tunagrahit. By using triangulation of sources and relevant documents associated with this research. The sampling technique in this study using purposive sampling. This research is a qualitative description.  
Institution Info

Universitas Lampung