PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN
DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN UMUM
DAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA
PERSATUAN PROVINSI LAMPUNG
TAHUN AJARAN 2014-2015 Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Ratna Handayani Fikri, 1113054044
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-05-29 07:26:18
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di sekolah yaitu terdapat
beberapa anak yang belum mencapai tingkat perkembangan kognitif pada aspek
pengetahuan umum dan sains khususnya yang berkenaan dengan aktivitas yang
bersikap eksploratif atau penyelidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan metode pembelajaran eksperimen dalam meningkatkan
hasil belajar pengetahuan umum dan sains anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian
yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitaif dan desain penelitian
menggunakan pre- eksperimen dan post-eksperimen. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 16 anak dengan menggunakan teknik purposive sampling sedangkan
teknik analasis data yang digunakan adalah wilxocon. Hasil penelitian
membuktikan bahwa metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil
belajar pengetahuan umum dan sains anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Eksperimen, Sains, Anak