Abstract :
ABSTRAK
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETIME
TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO
STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN
KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN
KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU
SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN
2014/2015
Oleh
DESI FATMAWATI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang
menggunakan model kooperatif tipe Time Token dengan model TS-TS untuk
meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan spiritual .
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan
komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode
cluster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan penilaian
antarteman. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dua sampel independen
dan analisis varian dua jalan.
Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut.
1. Terdapat perbedaan keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan
model pembelajaran Time Token dengan siswa yang pembelajarannya
menggunkan model TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu, dari hasil
pengujian diperoleh koeifisien Fhitung sebesar 25,134 dengan Signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05.
2. Keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan
model pembelajaran TSTS bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual
tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu, diperoleh koefisien thitung sebesar
13,279 > ttabel 2,093 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
3. Keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan
model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki kecerdasan
spiritual rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, diperoleh koefisien thitung
sebesar -4,725 > ttabel -2,093 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
4. Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan
spiritual pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap keterampilan sosial siswa,
diperoleh dari hasil pengujian koefisien Fhitung sebesar 151,586 dengan
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,
Kata kunci: kecerdasan spiritual, keterampilan sosial, Time Token, TS-TS.