Abstract :
Hasil observasi yang diperoleh di SMP Negeri 3 Metro adalah bahwa
keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup masih
rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KPS siswa. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan KPS siswa dalam pembelajaran
adalah menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) terhadap KPS dan aktivitas belajar siswa.
Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di SMP Negeri 3 Metro.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes kelompok
ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih dari
populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif
dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan
bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa rata-rata persentase
aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan metode
praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT) yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa KPS siswa dalam semua aspek
(mengobservasi, mengidentifikasi, mencatat data, menginterpretasi dan
menginferensi) mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (35,55);
postes (64,58); N-gain (44,07). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas belajar
siswa dengan rata-rata berkriteria baik. Pada aspek mengemukakan pendapat
bernilai sebesar 80,21%; bekerjasama dengan teman 81,25%; melakukan kegiatan
diskusi 83,33%; dan menjawab pertanyaan 79,17%. Selain itu, semua siswa
memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan metode praktikum dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktikum dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
berpengaruh dalam meningkatkan KPS dan akivitas belajar siswa.