Abstract :
ABSTRAK
PERBANDINGAN PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER DAN TYPICAL-
PERSON ENDORSER DALAM MEMBENTUK SIKAP KONSUMEN
(Studi di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Kedaton Bandar Lampung)
Oleh
SRI MARYATI
Persaingan usaha yang semakin ketat menuntut perusahaan menggunakan strategi
pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaingan, termasuk di dalamnya
adalah periklanan. Perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan, salah
satu cara kreatif adalah dengan menggunakan endorser. Penggunaan endorser
akan memberikan manfaat apabila memiliki kredibilitas, daya tarik dan
kecocokan. Tujuan penggunaan celebrity endorser untuk menarik perhatian
konsumen dan meningkatkan kesadaran akan produk. Sedangkan typical-person
endorser digunakan sebagai bentuk testimonial untuk meraih kepercayaan
konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen atas penggunaan
celebrity endorser dan typical-person endorser, dan menguji perbedaan
penggunaan Celebrity endorser dan typical-person endorser pada iklan Pond’s
Flawless White di televisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif
dengan pendekatan survei dan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling. Metode analisis data yang digunakan yakini (1) uji validitas dan
reabilitas dari item-item kuesioner, (2) analisis deskriptif , (3) skor rata-rata dan
kemudian dilakukan pengujian hipotesis dua sampel yang berpasangan dengan
menggunakan uji t (paired sample test).
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat
disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan penggunaan
celebrity endorser dan
typical-person endorser dalam membentuk sikap konsumen pada iklan Pond’s
Flawless White di televisi.
Kata kunci: Perbandingan, Endorser, Sikap Konsumen