Institusion
Universitas Lampung
Author
Vrisca Dyah Kurniati, 1113053116
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-06-20 04:41:09
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang belum optimal pada
siswa kelas V SD Negeri 2 Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten
Pringsewu Tahun Ajaran 2014/2015. Belum optimalnya prestasi yang diperoleh
siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya
peran orang tua dan sarana belajar di sekolah yang belum lengkap dan sesuai
dengan standar Permendiknas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
peran orang tua dan sarana belajar di sekolah secara sendiri-sendiri maupun secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 siswa. Data yang
diambil untuk variabel bebas menggunakan angket sedang untuk variabel
terikatnya dengan metode dokumentasi. Validitas instrumen diperoleh melalui
analisis butir dengan korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen dengan
koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh (1) peran orang tua terhadap
prestasi belajar siswa dengan koefisien r sebesar 0,517; (2) sarana belajar di
sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien r sebesar 0,528; (3) peran
orang tua dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan
koefisien R sebesar 0,728.
Kata kunci: peran orang tua, prestasi belajar, sarana belajar di sekolah