Institusion
Universitas Lampung
Author
Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2014-02-10 06:13:31
Abstract :
Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap
penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2)
mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi
oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas VII
sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII
A
D
sebagai
kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data
penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal
dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis
menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas
eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30%
dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata
penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi
LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar
53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan
penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53
lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar
95%.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini
menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan
penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan
materi