DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN GENERATING SKILL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Nurdiana, 1113023047
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-06-03 03:44:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan generating skill. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan ditetapkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap yaitu tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Generating skill dilatihkan pada tahap menanya dan menalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain generating skill untuk kelas kontrol adalah 0,18 dan kelas eksperimen adalah 0,39. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa rata-rata n-Gain generating skill pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain generating skill pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan generating skill siswa. Kata kunci: asam basa, generating skill, n-Gain, pendekatan ilmiah 
Institution Info

Universitas Lampung