Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada
materi asam basa dalam meningkatkan generating skill. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu semester genap tahun
ajaran 2014/2015 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dilakukan
dengan purposive sampling dan ditetapkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah
kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest control group design.
Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap yaitu tahap mengamati, menanya,
mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Generating skill dilatihkan pada
tahap menanya dan menalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
n-Gain generating skill untuk kelas kontrol adalah 0,18 dan kelas eksperimen
adalah 0,39. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa rata-rata
n-Gain generating skill pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata
n-Gain generating skill pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa
pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan generating
skill siswa.
Kata kunci: asam basa, generating skill, n-Gain, pendekatan ilmiah