Institusion
Universitas Lampung
Author
Kesdik Tria Sayekti, 1113023033
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-06-03 06:49:42
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada
materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Pendekatan
ilmiah terdiri dari lima tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan
mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 166
siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan
kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode
kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas
pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan n-Gain
yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada kelas eksperimen
sebesar 0,48 dan kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan pengujian hipotesis,
diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa
pada kelas yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah lebih tinggi
daripada rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada
kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa
Kesdik Tria Sayekti
pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan
membedakan.
Kata kunci: asam basa, pendekatan ilmiah, keterampilan membedakan.