Abstract :
ABSTRAK
EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA
DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN
MENGORGANISASIKAN
Oleh
MAULIDA ETIKASARI
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada
materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan. Pendekatan
ilmiah terdiri dari 5 tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar
dan mengomunikasikan. Keterampilan mengorganisasikan dilatihkan pada tahap
mencoba dan menalar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Pringsewu semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Sampel
diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 dan XI
IPA2 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen
dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan
rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada kelas kontrol
sebesar 0,35 dan kelas eksperimen sebesar 0,49. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis,
rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada materi asam basa
pada kelas dengan pembelajaran pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata
n-Gain keterampilan mengorganisasikan dengan pembelajaran konvensional. Hal
ini menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam
meningkatkan keterampilan mengorganisasikan.
Kata kunci: asam basa, keterampilan mengorganisasikan, n-Gain dan
pendekatan ilmiah.
Maulida Etikasari