DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Ahmad Eko Purnomo, 1013023023
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-06-03 04:12:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA3 dan XI MIA5. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretes and Postes) Control-Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,62 dan 0,76. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar. Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, laju reaksi,model pembelajaran inkuiri terbimbing  
Institution Info

Universitas Lampung