DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA N 1 Talang Padang Tahun Pelajaran 201
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Mursalin, BUNGA PRATIWI
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2014-02-10 06:41:24 
Abstract :
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di kelas XI SMA Negeri 1 Talang Padang, diketahui bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dalam meningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Data kualitatif berupa data akitivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan media audio visual yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria tinggi yaitu 76,95 % hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (86,12%); bekerja sama dalam tim berkriteria sedang (73,86%), bertukar informasi berkriteria sedang (71,67%), dan mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria tinggi (76,11%). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain (55,34) yaitu dengan kriteria sedang. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (56,94) dan indikator kognitif C4 memiliki kriteria sedang (53,10). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia. Kata kunci : Aktivitas Belajar siswa, Hasil belajar siswa, Media Audio Visual  
Institution Info

Universitas Lampung