Abstract :
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di kelas XI SMA
Negeri 1 Talang Padang, diketahui bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa
masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
audio visual dalam meningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok
non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Cluster
Random Sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data
kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga
diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf
signifikansi 5%. Data kualitatif berupa data akitivitas belajar dan angket tanggapan
siswa terhadap penerapan media audio visual yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria tinggi yaitu 76,95 %
hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu
mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (86,12%); bekerja sama dalam
tim berkriteria sedang (73,86%), bertukar informasi berkriteria sedang (71,67%), dan
mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria tinggi (76,11%). Hasil belajar siswa
pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain
(55,34) yaitu dengan kriteria sedang. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada
indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang
(56,94) dan indikator kognitif C4 memiliki kriteria sedang (53,10). Selain itu, semua
siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual
berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sistem
Pernapasan Pada Manusia.
Kata kunci : Aktivitas Belajar siswa, Hasil belajar siswa, Media Audio Visual