Institusion
Universitas Lampung
Author
Suci Yati Sari, 1113023063
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-06-03 07:50:30
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan lembar kerja siswa (LKS)
pada materi asam basa berbasis pendekatan ilmiah, (2) mendeskripsikan karakteristik
LKS yang dikembangkan, dan (3) mendeskripsikan tanggapan guru dan
siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan. Tahap pelaksanaan penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan,
perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan
awal, dan revisi hasil uji coba LKS pada materi asam basa berbasis pendekatan
ilmiah. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan instrumen
validasi ahli. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan
menurut validator dan guru memiliki kriteria sanggat tinggi. Dan tanggapan siswa
aspek keterbacaan dan kemenarikan memiliki kriteria sangat tinggi. Dari hasil
data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS pada materi asam basa
berbasis pendekatan ilmiah memiliki kriteria sangat tinggi.
Kata Kunci : asam basa, LKS, pendekatan ilmiah