DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Dewi Renita Sari, 1113053030
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-06-03 08:41:22 
Abstract :
ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 79 siswa hanya 25 siswa yang mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 67. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara dengan sampel kelas IVB sebagai kelas eksperimen, dan IVC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Analisis data menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning dengan media grafis terhadap hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen. Kata kunci: model problem based learning, media grafis, hasil belajar. PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA Oleh DEWI RENITA SARI Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat untuk Mencapai Gelar SARJANA PENDIDIKAN Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2015 Judul Skripsi : PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA Nama : Dewi Renita Sari Nomor Pokok Mahasiswa : 1113053030 Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan : Ilmu Pendidikan Fakultas : Keguruan dan IlmuPendidikan MENYETUJUI 1. Komisi Pembimbing Pembimbing I, Pembimbing II, Dr. Alben Ambarita, M.Pd. Dra. Hj. Yulina H., M.Pd.I. NIP 19570711 198503 1 004 NIP 19540722 198012 2 001 2. Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan , Dr. Riswanti Rini, M.Si. NIP 19600328 198603 2 002 MENGESAHKAN 1. Tim Penguji Ketua : Dr. Alben Ambarita, M.Pd. ???????. Sekretaris : Dra. Hj. Yulina H., M.Pd.I. .??????? Penguji Utama : Drs. Siswantoro, M. Pd ..??????? 2. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Hi. Bujang Rahman, M.Si. NIP 19600315 198503 1 003 Tanggal Lulus Ujian Skripsi: SURAT PERNYATAAN Saya yang bertanda tangan dibawah ini. Nama : Dewi Renita Sari NPM : 1113053030 Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan/Program Studi : Ilmu Pendidikan/Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali disebutkan di dalam daftar pustaka. Bandar Lampung, 1 April 2015 Dewi Renita Sari NPM 1113053030 RIWAYAT HIDUP Peneliti dilahirkan di desa Batangharjo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada tanggal 15 Oktober 1993. Peneliti merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, dari pasangan Bapak Kodam dan Ibu Sunarmi. Pendidikan formal peneliti dimulai dari SD Negeri 2 Batangharjo, Kecamatan Batanghari, Lampung Timur pada tahun 1999?2005. Peneliti melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Batanghari dan selesai pada tahun 2008. Pendidikan Sekolah Menengah Atas ditempuh di SMK Negeri 1 Metro dan selesai pada tahun 2011. Selanjutnya pada tahun 2011 peneliti terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Motto ?Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do?a, dan tidak ada yang menambah umur kecuali kebaikan.? (HR. At-Tirmidzi) Semua niat baik, tindakan baik, dan do?a yang baik akan memberikan hasil yang terbaik. (Dewi Renita Sari) PERSEMBAHAN Dengan mengucap syukur kehadirat Allah Swt, aku persembahkan karya istimewa ini untuk: Ayah dan Ibuku tercinta yang senantiasa dengan tulus ikhlas mendidik dan membimbingku, memberikanku limpahan kasih sayang, serta memanjatkan do?a dalam setiap sujudnya demi menantikan keberhasilanku. Kedua kakakku Siti Nurjanah dan Dian Puspitasari yang selalu mengingatkanku untuk tetap semangat dalam menghadapi semua kesulitan yang ada. Keponakanku tercinta Keisha Zafira Ardiansyah yang selalu memberikan keceriaan di sela hari-hariku. Keluarga besarku yang tak henti mendoakan dan mendorongku agar menjadi seseorang yang sukses dan menjadi kebanggaan keluarga. Almamater Tercinta Universitas Lampung SANWACANA Puji dan syukur peneliti ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul ?Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 
Institution Info

Universitas Lampung