Abstract :
Sains berkaitan dengan mencari tahu tentang alam secara sistematis, sains tidak
hanya merupakan penguasaan konsep, fakta, prinsip, tetapi siswa juga terlibat
dalam pengalaman empirik melalui pendekatan saintifik. Sementara, model
pembelajaran yang dapat diterapkan pada pendekatan saintifik antara lain model
pembelajaran discovery dan inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan sains siswa antara
model pembelajaran discovery dengan inquiry, dan untuk mengetahui interaksi
antara model pembelajaran dengan hasil belajar sains siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester
genap tahun 2014-2015 dengan kelas VIIF dan VIIG sebagai sampel penelitian.
Data hasil belajar sains siswa diperoleh melalui observasi dan tes. Berdasarkan
hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-tes dan uji two way
anova bahwa terdapat perbedaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sains
siswa antara model pembelajaran discovery dengan inquiry. Pada model
pembelajaran inquiry, sikap dan keterampilan sains siswa lebih tingggi dari pada
model pembelajaran discovery, sedangkan pada model pembelajaran discovery pengetahuan sains siswa lebih tinggi dari pada model pembelajaran inquiry. Pada hasil analisis data menggunakan uji two way anova terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan hasil belajar, yakni terdapat interaksi antara model
pembelajaran dengan sikap dan pengetahuan sains siswa, sementara tidak terdapat
interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan sains siswa.
Kata kunci: discovery, hasil belajar, inquiry, keterampilan, sikap.