Institusion
Universitas Lampung
Author
Iskandar , CINDE FUTRIYAH
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2014-02-10 06:41:29
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar
leaflet dengan metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi
oleh siswa pada materi pokok Ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian
kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel
penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secara cluster random
sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data
kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis
secara statistik melalui uji normalitas data dan kemudian dengan uji Mann-
Whitney U menggunakan bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa data
aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar
siswa, dan data angket kemenarikan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan penguasaan materi
oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen
= 21,61 %; kontrol = 17,50 %). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa
dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan
kelas kontrol (eksperimen = 84,52 %; kontrol = 75,62%). Sebanyak 94,75% dari
31 siswa pada kelas eksperimen memberikan ketertarikan yang tinggi terhadap
penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar leaflet
dengan metode diskusi kelompok berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas
belajar dan penguasaan materi oleh siswa.
Kata kunci : Bahan Ajar Leaflet, Metode Diskusi, Aktivitas Belajar, Penguasaan Materi, dan Ekosistem.