Institusion
Universitas Lampung
Author
Nuke Zela Pratiwi, 1113053079
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-06-04 02:35:20
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas
V A SD Negeri 05 Metro Barat. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil
belajar IPA melalui penerapan model problem based learning dan metode
probing-promting.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data sikap dan keterampilan siswa menggunakan lembar
observasi dan data hasil belajar pengetahuan menggunakan soal tes. Hasil belajar
sikap dan keterampilan siswa dianalisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar
pengetahuan dianalisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based
learning dan metode probing-promting dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal
ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal sikap siswa pada siklus I
sebesar 44,44% kemudian meningkat sebesar 38,89% pada siklus II menjadi
83,33%. Persentase ketuntasan klasikal keterampilan siswa pada siklus I sebesar
61,11% kemudian meningkat sebesar 27,78% pada siklus II menjadi 88,89%.
Nilai rata-rata klasikal hasil belajar pengetahuaan siswa pada siklus I yaitu 71,72
meningkat sebesar 10,06 pada siklus II menjadi 81,78. Persentase ketuntasan
klasikal pengetahuan siswa pada siklus I yaitu 66,67%, meningkat sebesar 22,22%
pada siklus II menjadi 88,89%.
Kata kunci : hasil belajar, probing-promting, problem based learning.