Abstract :
Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi di SMA Bina Mulya Bandar
Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa masih
rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan ceramah, tanya jawab, dan
kadang-kadang diskusi sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap aktivitas dan
penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak
ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 dan X 2 yang dipilih secara
cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif.
Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif berupa
rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau
uji U pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas
eksperimen dengan rata-rata berkriteria sangat baik yaitu 86,11%. Penguasaan
materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,29;
postes sebesar 59,17; dan N-gain sebesar 39,35. Dengan demikian, pembelajaran
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.
Kata kunci: Snowball Throwing, aktivitas siswa, dan penguasaan materi, kingdom plantae