Institusion
Universitas Lampung
Author
Rettya Aries Tissi, 1113022048
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-06-05 08:21:41
Abstract :
ABSTRAK
TIK merupakan faktor yang penting dan berpengaruh positif terhadap kemajuan
pendidikan. Dengan memperhatikan akan pentingnya TIK dalam dunia
pendidikan, maka peneliti telah melakukan penelitian mengenai pengaruh
keterampilan penggunaan media TIK simulasi terhadap hasil belajar siswa. TIK
simulasi yang digunakan ialah PhET Simulation. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui pengaruh keterampilan penggunaan media TIK simulasi untuk
pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh
keterampilan penggunaan media TIK simulasi untuk pembelajaran fisika terhadap
KPS siswa, dan (3) mendeskripsikan sikap siswa terhadap pembelajaran fisika
menggunakan media TIK simulasi. Penelitian dilakukan pada semester genap
Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel
penelitian ini yaitu kelas X MIPA 3 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian
dilakukan menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan analisis
statistik dengan pendekatan model persamaan regresi linear sederhana untuk
menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Rettya Aries Tissi
(1) Terdapat pengaruh positif linear yang kuat dan signifikan antara keterampilan
penggunaan media TIK simulasi untuk pembelajaran fisika terhadap hasil belajar
fisika siswa dengan kontribusi sebesar 81,8% dan persamaan regresinya adalah
Y1= 25,257 + 0,691 X, (2) Terdapat pengaruh positif linear yang kuat dan
signifikan antara keterampilan penggunaan media TIK simulasi untuk
pembelajaran fisika terhadap keterampilan proses sains siswa dengan kontribusi
sebesar 72,6% dan persamaan regresinya adalah Y2= 32,482 + 0,635 X, (3) dan
siswa memiliki sikap positif terhadap pemanfaatan media TIK simulasi pada
pembelajaran listrik dinamis.
Kata kunci: hasil belajar ranah kognitif, KPS simulatif, media TIK simulasi, sikap
siswa