Institusion
Universitas Lampung
Author
DHAYANG SUMBI , 1213031018
Subject
L Education (General) = Pendidikan
Datestamp
2016-04-12 07:02:42
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered
Heads Together) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini terdapat dua
sample yang dipilih dengan metode cluster random sampling dengan diberikan
perlakuan berbeda. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pengajaran
dengan menggunakan model dan memberikan perlakuan dngan menggunakan
tugas mandiri dan kelompok. Setelah hasil belajar diperoleh, data di analisi untuk
menguji hipotesis dengan menggunakan uji T-test Independent dan uji Analisis
Varian Dua Jalan.
Hasil penelitian menunjukkan ; (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi
siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe
Snowball Throwing, dengan menggunakan rumus analisis Varian Dua Jalan dan ttest,
maka hipotesis pertama Fhitung 9,913 dan Ftabel 3,985 berdasarkan kriteria
pengujia dapat ditarik kesimpulan, karena Fhitung > Ftabel maka dengan demikian
Ho ditolak ; (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang
menggunakan tugas mandiri dan siswa yang menggunakan tugas kelompok,
dengan menggunakan ANAVA yang memperoleh Fhitung sebesar 5,882 dan Ftabel
sebesar 3,985. Berdasarkan kriteria pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho
ditolak ; (3) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan tugas
pada mata pelajaran ekonomi, dengan menggunakan ANAVA yang memperoleh
Fhitung sebesar 111,340 dan Ftabel 3,985 dengan demikian maka Fhitung > Ftabel atau
111,340 > 3,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan
demikian Ho ditolah dan Ha diterima ; (4) Hasil belajar ekonomi siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing lebih rendah dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT jika
hasil belajarnya diukur menggunakan tugas kelompok, menggunakan rumus t-test
dua sample independen diperoleh thitung sebesar 9,171 dan ttabel sebesar 2,0315
dengan demikian thitung > ttabel atau 9,171 > 2,0315 maka Ho ditolak dan menerima
Ha ; (5) Hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT jika hasil belajarnya diukur menggunakan
tugas mandiri, menggunakan rumus t-test dua sample independent yang
memperoleh thitung sebesar 5,567 dan ttabel 2,0315 dengan demikian thitung > ttabel
atau 5,567 > 2,0315 maka Ho ditolak dan menerima Ha ; (6) Hasil belajar
ekonomi yang menggunakan tugas mandiri lebih tinggi dibandingkan dengan
siswa yang menggunakan tugas kelompok pada pembelajaran kooperatif Snowball
Throwing, menggunakan rumus t-test dua sample independent diperoleh thitung
6,685 dan ttabel sebesar 2,0315 dengan demikian thitung > ttabel atau 6,685 > 2,0315
maka Ho ditolak dan menerima Ha ; (7) Hasi belajar ekonomi yang menggunakan
tugas mandiri lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan tugas
kelompok pada pembelajaran kooperatif NHT, menggunakan rumus t-test dua
sample independent diperoleh thitung sebesar 8,171 dan ttabel sebesar 2,0315 dengan
demikian thitung > ttabel 8,171 > 2,0315 maka dapat diartikan Ho ditolak dan Ha
diterima.
Kata kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran NHT, Model Pembelajaran
Snowball Throwing, Tugas Mandiri, Tugas Kelompok.