Institusion
Universitas Lampung
Author
ANGGA FITRA KUSUMA, 1213053013
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-04-19 09:13:35
Abstract :
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV
SDN 8 Metro Utara yakni 28,5 % atau sekitar 6 orang siswa mencapai nilai
ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah di tentukan yaitu 70. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 8 Metro
Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak
yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian
ini 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa.
Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai
rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,90, sedangkan nilai rata-rata kelas
eksperimen adalah 73,85. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,027, (0,027 < 0,05) sehingga H
ditolak. Dari
perhitungan data tersebut terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil
belajar.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar
PKn.