DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKADANA PASAR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
SITI MASNELI , 1313093109
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-04-22 07:30:36 
Abstract :
ABSTRAK Masalah penelitian ini rendahnya hasil belajar terutama pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukadana Pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukadana Pasar melalui model pembelajaran tipe Jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran tipe Jigsaw aktivitas dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Siklus I ketuntasan klasikal aktivitas siswa 54,5% (cukup), siklus II menjadi 77,3% (baik) meningkat sebesar 22,8%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal afektif 54,5%, siklus II menjadi 86,4% meningkat sebesar 31,9%. Siklus I ketuntasan klasikal psikomotor 59,09%, siklus II menjadi 81,80% meningkat sebesar 22,71%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal kognitif 40,9%, siklus II menjadi 81,8% meningkat 40,9%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukadana Pasar Kabupaten Lampung Timur. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, kooperatif tipe Jigsaw  
Institution Info

Universitas Lampung