Institusion
Universitas Lampung
Author
ALFIAN DENI ISKANDAR , (1213053008)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-06-14 07:59:38
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA
siswa kelas V SD Negeri 2 Astomulyo. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis,
mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA
dengan penerapan model multisensori melalui media realia. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan
masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas, hasil belajar afektif dan hasil belajar
psikomotor siswa menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar kognitif
siswa menggunakan lembar tes. Data aktivitas belajar siswa, hasil belajar afektif
dan hasil belajar psikomotor siswa dianalisis kualitatif, sedangkan data hasil
belajar dianalisi kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model multisensori melalui media realia meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I
memperoleh kategori ?Aktif?, pada siklus II memperoleh kategori ?Aktif?.
Selanjutnya pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa memperoleh kategori
?Aktif?, kemudian pada siklus II memperoleh kategori ?Sangat Aktif?. Nilai ratarata
hasil
belajar
siswa
secara
klasikal
pada
siklus
I
memperoleh kategori ?Baik?,
kemudian pada siklus II kategori ?Baik?. Selanjutnya pada siklus I persentase
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh kategori ?Tinggi?,
kemudian pada siklus II memperoleh kategori ?Sangat Tinggi?.
Kata kunci : multisensori, realia, aktivitas, hasil belajar.