Abstract :
Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi
belajar siswa semester genap mata pelajaran IPS di SMP Arjuna Bandar
Lampung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1)Apakah ada pengaruh motivasi
belajar dengan prestasi belajar siswa? (2) Apakah ada pengaruh disiplin belajar
dengan prestasi belajar siswa? (3) Apakah ada pengaruh antara motivasi belajar dan
disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa?
Sampel adalah sebagian atau populasi yang diteliti. Sampel yang diambil untuk
penelitian ini berjumlah 61 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi, Teknik
Dokumentasi dan Kuesioner.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang erat
antara motivasi belajar siswa dengan prestasi siswa yaitu dengan koefisien
korelasi nilai r 8,260 dan r2 2,66. Untuk pengaruh disiplin belajar siswa dengan
prestasi belajar siswa memiliki koefisien korelasi sebesar 7,763 dan r2 2,66.
Secara bersama-sama diperoleh nilai korelasi Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar
dengan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data antara motivasi belajar dan disiplin belajar siswa
dengan prestasi belajar, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat
antara variabel motivasi dan disiplin dengan variabel prestasi belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan pengujian hipotesis dengan hasil koefisien korelasi nilai F
hitung sebesar 57,85 lebih besar dari F tabel 7,896.