DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X.5 SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN TAHUN 2010/2011
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
0713034054, Wayan Fedri Krisnanto
Subject
 
Datestamp
2015-10-19 04:28:36 
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sidomulyo? (2) Apakah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sidomulyo? (3) Apakah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan prestasi belajar geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sidomulyo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournaments) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan, dan penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran kooperatif model TGT yang tepat untuk siswa kelas X.5 SMAN 1 Sidomulyo pada Pokok Bahasan Hidrosfer adalah pembelajaran TGT yang ditambahkan dengan kegiatan presentasi siswa dan juga dengan mengefektifkan waktu untuk setiap tahapan kegiatan pembelajaran TGT. (2) Setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sidomulyo dapat meningkat. Siswa yang aktif dalam pembelajaran mencapai 92,11% dan siswa yang telah tuntas belajar mencapai 86,84%. Kata Kunci: Pembelajaran TGT, Aktivitas Belajar, dan Prestasi Belajar  
Institution Info

Universitas Lampung