DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BELAJAR RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 KOTAAGUNG TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Julianto, 0913033087
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-05-08 03:57:39 
Abstract :
Perkembangan metode pembelajaran di sekolah saat ini terus mengalami kemajuan. Kemajuan dibidang pembelajaran pada akhirnya memberikan dampak pada proses belajar mengajar. Dampak perkembangan tersebut dapat terlihat dengan banyaknya metode-metode pembelajaran baru yang diterapkan guru. Metode-metode pembelajaran ini bertujuan agar pembelajaran di sekolah dapat menjadi lebih menarik dan memiliki hasil yang lebih maksimal. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode belajar resitasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah metode belajar resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA SMA Negeri 1 Kotaagung tahun pelajaran 2013-2014? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretes-postest control grup desain. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, yang kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya setelah diketahui hasil dari pretest dua kelompok tersebut, maka pada kelas eksperimen diberikan perlakuan (X), sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan (X). Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh metode belajar resitasi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA SMA Negeri 1 Kotaagung tahun pelajaran 2013-2014 dapat diketahui bahwa metode belajar resitasi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA SMA Negeri 1 Kotaagung tahun pelajaran 2013-2014. 
Institution Info

Universitas Lampung