Abstract :
ABSTRAK
Masalah yang ditemukan saat proses pembelajaran di TK Al-Azhar 2 Way Halim
adalah masih rendah perkembangan kemampuan kognitif pada anak, khususnya
mengenal konsep bilangan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan perkembangan kemampuan anak untuk mengenal konsep bilangan
melalui permainan biji. Metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri
dari tiga siklus, siklus pertama dengan mengadakan permainan biji tersembunyi,
siklus kedua mengadakan permainan rangkai biji, dan siklus ketiga mengadakan
permainan tanam biji. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model bermain dapat meningkatkan perkembangan kemampuan
mengenal konsep bilangan pada anak. Hal ini dapat dilihat dari persentase ratarata
siklus pertama 70,67% meningkat pada siklus kedua 79,18% dan meningkat
lagi pada siklus ketiga menjadi 88,82%.
Kata kunci : model pembelajaran, permainan biji, kemampuan kognitif.