DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Buku Siswa Kinematika Bermuatan Nilai Karakter dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Heru Sapto Nugroho, 1013022036
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-05-13 06:50:23 
Abstract :
Menyediakan media pembelajaran merupakan salah satu upaya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Buku siswa yang berlandaskan pendekatan saintifik diharapkan dapat membentuk karakter siswa. Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan buku siswa bermuatan nilai karakter dengan pendekatan saintifik pada materi kinematika untuk siswa SMA dengan tujuan mengetahui kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan buku siswa bermuatan nilai karakter dengan pendekatan saintifik serta mengetahui keefektifan buku siswa. Tahapan prosedur pengembangan meliputi: analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi produk, pengembangan produk, validasi produk melalui uji internal, revisi produk 1, uji eksternal produk, revisi produk 2, dan produksi masal. Validasi produk dilakukan oleh ahli desain dan ahli isi/materi dengan diperoleh skor 3,00 pada uji ahli materi dan skor 2,92 pada uji ahli desain. Sedangkan uji satu lawan satu dilakukan terhadap 2 orang siswa dan uji eksternal kelompok kecil dilakukan terhadap 27 siswa kelas X MIA 2 SMA Fransiskus Bandar Lampung. Hasil uji internal diperoleh bahwa buku siswa yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan buku siswa efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 81,5 % siswa tuntas KKM, selain itu buku siswa yang diuji menunjukkan kualitas kemenarikan dengan skor 3,58 berkategorikan sangat baik, kualitas kemudahan dengan skor 3,44 berkategorikan sangat baik, dan kualitas kemanfaatan dengan skor 3,41 berkategorikan sangat baik. Kata kunci: buku siswa, buku siswa berkarakter, nilai karakter, pendekatan saintifik. 
Institution Info

Universitas Lampung