DETAIL DOCUMENT
DEIKSIS DALAM KAKILANGIT PADA MAJALAH HORISON EDISI 2012 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Nurudin, 1323041027
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-10-30 02:35:30 
Abstract :
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana deiksis persona, waktu, dan tempat dalam wacana tulis Kakilangit pada majalah sastra Horison edisi 2012 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan deiksis persona, waktu, dan tempat dalam wacana tulis Kakilangit pada majalah sastra Horison edisi 2012 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah menengah atas (SMA). Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik studi teks, menafsirkan teks (wacana) dan studi pustaka. Sumber data penelitian ini adalah wacana tulis Kakilangit pada majalah Horison edisi 2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedeiksisan terjadi apabila referensinya berpindah-pindah bergantung penulis, waktu, dan tempat bahasa dituliskan. Hal itu terdapat pada wacana tulis dalam Kakilangit pada majalah Horison edisi 2012 berupa deiksis persona, tempat (lokatif), dan waktu (temporal). Hasil kajian deiksis ini dapat diperlukan dan diterapkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA melalui kurikulum 2013. Kata Kunci: deiksis, implikasi, metode ABSTRACT The problem in this research is how deiksis persona, time, and place in written discourse Kakilangit at the 2012 edition of the literary magazine Horizon and its implications in learning Indonesian language and literature in secondary school (high school). This study aims to describe deiksis persona, time, and place in written discourse Kakilangit at the 2012 edition of the literary magazine Horizon and its implications in learning Indonesian language and literature in secondary school (high school). The method in this research is descriptive qualitative method to study engineering texts, interpreting text (discourse) and literature. Source of research data is written discourse Kakilangit at the 2012 edition of the magazine Horizon. The results showed that success occurs when the reference moved depend author, time, and place of written language. It was found in written discourse in Kakilangit at the 2012 edition of the magazine Horison be deiksis persona, place (locative), and time (temporal). The results of this study may be required deiksis and applied in learning Indonesian language and literature and can be used as teaching material in the form of lesson plan (RPP) which is used by the subject teachers Indonesian language and literature in high school through the curriculum in 2013. Keywords: deiksis, implications, methods  
Institution Info

Universitas Lampung