DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LABUHAN RATU BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Dyah Ardan Pratiwi, 1113053035
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2015-05-20 01:31:59 
Abstract :
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Subjek penelitian sebanyak 66 siswa yang terbagi atas 2 kelas. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample Test pada taraf signifikansi 5% (sig = 0,05). Hasil perhitungan menunjukkan nilai t sebesar 4,866 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran, Numbered Head Together Abstract This research aimed to determine the effect of cooperative learning model Numbered Head Together type of social studies learning result in the fifth grade students of SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandarlampung 2014/2015 school year. This study was a quasi-experimental design with pre-test post-test control group design. Research subjects were 66 students divided into two classes. VA as experiment class and VB as a control class. The main instrument used was a test. Data were analyzed using Independent Sample Test at 5% significance level (sig = 0.05). The calculations show t value of 4.866 with a significance level of less than 0.05 is 0.000. Based on these results, it can be concluded that cooperative learning model Numbered Head Together type affect the social studies learning result in the fifth grade students of SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandarlampung 2014/2015 school year. Keywords: learning model, numbered head together, results of social studies  
Institution Info

Universitas Lampung