DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 METRO TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Ginanjar Saputro, 0813033029
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-05-21 04:26:17 
Abstract :
Salah satu keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari minat belajar siswa itu sendiri selama kurun waktu tertentu. Minat belajar merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui apakah ada perubahan kearah yang lebih baik selama proses pembelajaran yang telah dilakukan. Minat belajar di SMA Negeri 1 Kota Metro masih rendah khususnya dalam mata pelajaran sejarah. Hal ini diduga karena metode belajar yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode konvensional. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan hanya terdapat beberapa siswa saja yang aktif mengikuti pembelajaran sejarah. Hal ini dapat diyakini bisa diatasi dengan penerapan metode inquiry. Metode Inquiry menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk menemukan sendiri konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam pelajaran sejarah sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil ini diketahui berdasarkan meningkatnya ratarata minat belajar siswa dari 27,45 menjadi 33,09 setelah diterapkannya eksperimen menggunakan metode inquiry. Kata kunci : Metode Inquiry, minat belajar sejarah siswa 
Institution Info

Universitas Lampung