Institusion
Universitas Lampung
Author
Ginanjar Saputro, 0813033029
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2015-05-21 04:26:17
Abstract :
Salah satu keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari minat
belajar siswa itu sendiri selama kurun waktu tertentu. Minat belajar merupakan
salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui apakah ada perubahan
kearah yang lebih baik selama proses pembelajaran yang telah dilakukan. Minat
belajar di SMA Negeri 1 Kota Metro masih rendah khususnya dalam mata
pelajaran sejarah. Hal ini diduga karena metode belajar yang diterapkan oleh guru
masih menggunakan metode konvensional. Siswa cenderung pasif dalam proses
pembelajaran dan hanya terdapat beberapa siswa saja yang aktif mengikuti
pembelajaran sejarah. Hal ini dapat diyakini bisa diatasi dengan penerapan metode
inquiry. Metode Inquiry menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses
pembelajaran untuk menemukan sendiri konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam
pelajaran sejarah sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode
inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1
Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap peningkatan minat belajar sejarah
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro. Sampel penelitian
adalah siswa kelas XI IPS1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inquiry
terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Metro
Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil ini diketahui berdasarkan meningkatnya ratarata
minat belajar siswa dari 27,45 menjadi 33,09 setelah diterapkannya
eksperimen menggunakan metode inquiry.
Kata kunci : Metode Inquiry, minat belajar sejarah siswa