DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILL SISWA PADA POKOK BAHASAN BELA NEGARA KELAS IX SMP NEGERI 3 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Lampung
Author
Lilis Suhaeti, 1313072004
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2015-06-08 02:38:23 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan civic skill peserta didik pada pokok bahasan bela negara kelas IX SMP Negeri 3 Tegineneng tahun pelajaran 2014/ 2015. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah dengan model pembelajaran problem based instruction pada setiap siklusnya, metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan responden siswa SMP Negeri 3 Tegineneng kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan model pembelajaran problem based instruction pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tegineneng tahun pelajaran 2014/ 2015, melalui penelitian tindakan kelas diketahui dengan selalu memberikan memotivasi siswa pada proses pembelajaran, membimbing siswa secara menyeluruh, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan waktu lebih banyak kepada siswa, melibatkan siswa dalam membuat kesimpulan serta melaksanakan umpan balik sehingga aktivitas belajar siswa meningkat dan disimpulkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa, maka civic sklill juga mengalami peningkatan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Dengan perolehan data pada siklus I sebesar 52,73%, meningkat pada siklus kedua sebesar 60,73% dan sebesar 81,22% pada siklus III.  
Institution Info

Universitas Lampung