Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel etnis konsumen terhadap pemilihan warna dan desain produk dengan variabel moderator tipe-tipe kepribadian. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sebanyak 100 responden dan menggunakan analisis data PLS (Partial Least Square). Pengujian hipotesis menggunakan pengukuran model (outer model), evaluasi model struktural (inner model) dan uji efek moderasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa etnis konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap desain dan warna produk. Sementara dengan adanya variabel moderator tipe-tipe kepribadian membuat pengaruh antara variabel independen (etnis) & variabel dependen (warna dan desain) tidak dimoderatori dan memperlemah pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen. Dari empat hipotesis, dua dari empat hipotesis berpengaruh signifikan, dan dua dari empat hipotesis tidak dimoderatori.
Untuk penelitian selanjutnya perlu dibuktikan variabel moderator tipe-tipe kepribadian dapat memperkuat pengaruh antara variabel independen (etnis) dan variabel dependen (warna dan desain), untuk semakin menyempurnakan pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan pembelian desain dan warna produk dengan adanya variabel moderator tipe-tipe kepribadian.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Tipe-tipe Kepribadian, Etnis Konsumen.
ABSTRACT
This study aimed to investigate the influence of consumers? ethnic on the selection of products colors and designs variables with personality types as moderator variable. Type of this research was survey research methods. The sampling technique in this research was purposive sampling. This study used 100 respondents and used PLS (Partial Least Square) in analyzing the data. Hypothesis testing used measurement models (outer model), the evaluation of the structural model (inner model) and moderating effects test. The findings suggest that consumers ethnic had significant influence on products design and color. While the presence of personality types as moderator variable made the influence of the independent variables (ethnicity) and the dependent variable (color and design) not moderated and weaken the influence of the independent variables and the dependent variable. Of the four hypotheses, two of the four hypotheses had significant influence, and two of the four hypotheses were not moderated.
For further research, it is necessary to prove that a moderator variable personality types can strengthen the influence of the independent variables (ethnicity) and the dependent variable (color and design), for further improvement of understanding the factors which influence consumer behavior in deciding the purchase of products design and color with personality types as variable moderator.
Keywords: Consumer Behavior, Personality Types, The Consumers? Ethnic.