Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Neeta Sri Debora Simangunsong (STUDENT ID : 409631015)
Lisnawaty Simatupang (LECTURER ID : 197607192003122002)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-08-22 04:31:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia kelas XI SMA dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan Koloid. Kelas sampel diberikan perlakuan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan di SMA Methodist Lubuk Pakam. Data
yang diamati adalah hasil belajar kimia yang dikumpulkan dengan pemberian post ? test berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 item yang terdiri dari 5 pilihan jawaban yang sudah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas serta di ujicobakan tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Soal tersebut juga sudah sesuai dengan indikator belajar yang harus tercapai. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji beda atau uji t yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Rata ? rata hasil belajar kelas sampel untuk pretest sebesar (16,25) dan rata ? rata postest (76,39). Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa secara keseluruhan siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil analisis uji beda atau uji t diperoleh thitung > ttabel (6,34> 1,6905) pada ? = 0,05 yang berarti H0 ditolak atau Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diberi perlakuan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia baik digunakan di
SMA Methodist Lubuk Pakam pada pokok bahasan Koloid.