DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL PADA PENGAJARAN SISTEM KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Corry Permata Sirait (STUDENT ID : 408131037)
Marham Sitorus (LECTURER ID : 196301011989031004)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 02:54:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Macromedia Flash efektif memberikan peningkatan hasil belajar dan retensi hasil belajar siswa yang lebih baik pada pokok bahasan Koloid di SMA Negeri 1 Dolok Masihul pada kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2010/2011.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan mediaMacromedia Flash dan kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan media Macromedia Flash Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,33 ± 7,034, postes1 59,83 ± 10,613, dan postes2 47,17 ± 13,136. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 25,23 ± 8,693, postes1 47,00 ± 11,344 dan, postes2 31,87 ± 12,974 Semua data pretes, postes1, dan postes2diuji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov SPSS-17, dan diperoleh data terdistribusi normal. Dan data pretes kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan berbeda. Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t sampel independen diperoleh ¬thitung> ttabel (4,718> 1,672) dengan taraf signifikasi 95 % (α=0,05) sehingga Ha1 diterima berarti pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia Flash. Nilai retensi hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t sampel independen diperoleh thitung¬> ttabel (2,615> 1,672) sehingga Ha2 diterima berarti pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash memberikan retensi hasil belajar siswa yang lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia Flash pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Dan persen efektifitas penerapan media pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash diperoleh sebesar 32,55 %.   
Institution Info

Universitas Negeri Medan