DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI SISTEM KOLOID
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Siti Marlena (STUDENT ID : 408331051)
Jasmidi (LECTURER ID : 196511041991031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-30 04:25:25 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan macro media flash lebih tinggi daripada Peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada materi sistem Koloid di SMA Negeri 8 Medan pada kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan.sedangkan sampel penelitian 2 kelas yang diambil secara random sampling, kelas eksperimen I berjumlah 33 siswa dan kelas eksperimen II berjumlah 31 siswa sehingga jumlah sampel menjadi 64 orang siswa. Kelas eksperimen I diajarkan dengan menggunakan macro media Flash pada numbered Head Together dan kelas eksperimen II diajarkan dengan tanpa menggunakan Macromedia Flash pada numbered Head Together. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 23 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,7087 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata Gain 0,6358. Data Gain kedua kelas eksperimen diuji dengan uji t (uji pihak kanan) diperoleh thitung > ttabel (4,1897 > 1,6706) tolak Ho, dan terima Ha yaitu Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Macromedia Flash dalam pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 70,87% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 63,58%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan