DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DIDUKUNG MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Abdon H. Sibarani (STUDENT ID : 408131022)
Wesly Hutabarat (LECTURER ID : 195107201977101001)
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2016-11-11 07:37:06 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) didukung media power point terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal kelas XI IPA sebanyak dua kelas dengan rata-rata jumlah siswa 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes. Yang mana dari 40 soal yang divalidkan, dan diperoleh soal yang valid sebanyak 25 soal dengan reliabilitas soal adalah rhitung=0,89 > rtabel= 0,374. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan ,terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS ( think pair share ) didukung media power point terhadap hasil belajar kimi siswa pada pokok bahasan sistem koloid, yang mana rata-rata hasil belajar dan gain yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS berturut-turut adalah 78,74 dan 66,91% sedangkan hasil belajar kimia dan gain yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 73,02 dan 59,24%, yang mana terdapat selisis gain sebesar 7,67%. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t pihak kanan , dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 3,167 > ttabel = 1,669 pada taraf α = 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan