Abstract :
Pengaruh pendekatan kontruktivisme dan model pembelajaran TAI dengan pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XII SMA Katolik Serdang Murni Lubuk Pakam dengan melakukan pengajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme dan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dan pendekatan kontruktivisme tanpa model pembelajaran TAI. Pengaruh pendekatan kontruktivisme dengan model pembelajaran TAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat diketahui dari kemampuan siswa setelah mengerjakan soal pretest dan posttest kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme dan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakkan pendekatan kontruktivisme dengan model pembelajaran TAI (18%) lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan kontruktivisme tanpa model pemebelajaran TAI (15%). Analisis statistik menunjukkan bahwa Ha diterima berarti Ho ditolak. Dengan melihat keberhasilan pengajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme dengan model pembelajaran TAI dalam pelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan, maka perlu diperhatikan untuk aplikasi pendekatan dan model ini dalam pengajaran materi kimia lain atau untuk pengajaran materi pelajaran bidang studi lain diluar pelajaran kimia.